Tak Ada Dentuman Meriam pada Detik-detik Proklamasi di Grahadi Surabaya (2024)

Surabaya -

Pemprov Jatim akan menggelar upacara detik-detik Proklamasi Republik Indonesia pada Rabu (17/8) pukul 09.30 WIB. Pada momen ini, tidak ada penembakan meriam yang biasanya dilakukan saat detik-detik Proklamasi di belakang Gedung Negara Grahadi.

"Jadi besok tidak ada penembakan meriam. Pemprov Jatim sebenarnya hendak mengajukan, namun memang sesuai salinan surat yang kami terima dari Korps Marinir TNI AL tidak bisa," kata Ali Kuncoro, Kabiro Adpim Setdaprov Jatim saat dikonfirmasi di Gedung Negara Grahadi, Selasa (16/8/2022) malam.

Ali mengungkapkan alasan yang lebih lengkap bahwa Korps Marinir telah bersurat untuk memberitahukan bahwa pada perayaan HUT kali ini stok peluru hampa untuk Meriam Howitzer memang habis.

"Saat ini Korps Marinir tidak memiliki stok amunisi hampa Howitzer 105mm. Jadi ini seluruh Indonesia, ya, bukan hanya Jatim," ujarnya.

Sebagai gantinya Ali membeberkan bahwa besok akan dinyalakan sirene secara serentak pukul 10.00 WIB ketika detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

ADVERTIsem*nT

Tidak hanya mengenai meriam, Ali menyebutkan bahwa lalu lintas di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Grahadi akan ditutup sem*ntara selama berlangsungnya Upacara Kemerdekaan RI ke-77.

"Jalan Gubernur Suryo depan Grahadi akan ditutup untuk upacara pagi jam 8 sampai jam 11 siang. Kemudian untuk sorenya dari jam 3 sore sampai jam 6 sore," tegasnya.

Ali pun menyampaikan permohonan maaf dari Pemprov Jatim berkaitan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan yang berdampak penutupan Jalan Gubernur Suryo.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jalan, karena jalan telah ditutup. Dimohon bisa melewati jalur alternatif yakni melalui Jalan Simpang Dukuh," tandasnya.

Simak Video "Ini Lapangan yang Akan Dijadikan Lokasi Upacara HUT RI di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Tak Ada Dentuman Meriam pada Detik-detik Proklamasi di Grahadi Surabaya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rev. Porsche Oberbrunner

Last Updated:

Views: 5826

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rev. Porsche Oberbrunner

Birthday: 1994-06-25

Address: Suite 153 582 Lubowitz Walks, Port Alfredoborough, IN 72879-2838

Phone: +128413562823324

Job: IT Strategist

Hobby: Video gaming, Basketball, Web surfing, Book restoration, Jogging, Shooting, Fishing

Introduction: My name is Rev. Porsche Oberbrunner, I am a zany, graceful, talented, witty, determined, shiny, enchanting person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.