Manfaat Mengikuti Upacara Bendera – Yayasan Al Ma'soem Bandung (2024)

Upacara bendera di Indonesia secara umum dilaksanakan pada Senin pagi. Dalam berbagai macam sumber menyebutkan, alasan kenapa upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin adalah karena Senin merupakan hari pertama sekolah bahkan hari pertama dalam berbagai macam aktivitas dari orang orang Indonesia. Maka dari itu tidak logis juga jika upacara bendera dilaksanakan pada hari lain. Selain itu upacara bendera dilaksanakan hari Senin juga agar penyebaran semangat bisa tumbuh dari hari awal sekolah, harapannya semangat nasionalisme itu bisa tumbuh dari hari Senin hingga Hari Jumat sebagai hari terakhir sekolah.

Upacara bendera juga bisa dilaksanakan di hari lain, terutama di hari kemerdekaan Indonesia. Karena tanggal 17 Agustus tidak menetap di satu hari saja, misalkan jika tahun 2022 hari kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Selasa, pada tahun 2023 nanti tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan pada hari Kamis begitu juga selanjutnya.

Salah satu tujuan upacara bendera adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Selain itu berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia Nomor 22 tahun 2018. Upacara bendera di sekolah memiliki 6 tujuan diantaranya adalah :

  1. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Membiasakan bersikap tertib dan disiplin
  3. Meningkatkan kemampuan memimpin
  4. Membiasakan kekompakan dan kerjasama
  5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa
  6. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air

Di Al Masoem upacara bendera disebut dengan diseminasi sekolah. Tidak seperti sekolah umum yang melaksanakan upacara atau diseminasi selama satu minggu sekali, di Al Masoem kami melaksanakan diseminasi selama 2 minggu sekali bagi SMP dan SMA.

Diseminasi merupakan kegiatan yang ditujukan kepada kelompok atau individu agar mereka bisa mendapatkan informasi, menerima informasi, timbul kesadaran dan dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk kehidupan sehari hari.

Karena begitulah upacara bendera di Al Masoem bukan hanya menjadi prosesi pengibaran bendera merah putih, upacara bendera di Al Masoem juga dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran informasi bagi peserta didik.

Dalam diseminasi atau upacara bendera ini tidak seperti upacara bendera pada umumnya, memang di awal diseminasi semua siswa diwajibkan untuk berdiri, mengalunkan lagu Indonesia Raya, Hymne Al Ma’soem, tausiah selama 7 menit baik dari siswa dan dari guru. Setelah itu peserta didik diperbolehkan untuk duduk di selasar lapangan untuk mendengarkan informasi yang disampaikan oleh ketua yayasan beserta stafnya.

Informasi yang disebarkan juga beragam sesuai dengan tema yang tema tertentu, uniknya dalam diseminasi ini peserta didik diberikan kesempatan untuk mengisi acara, seperti pembagian perwakilan dari beberapa kelas untuk menjadi MC, baik itu MC untuk bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Selain itu ada beberapa siswa yang diberikan kesempatan untuk menjadi komandan upacara, menjadi anggota PASKIBRA, mengisi tausiah, memimpin doa dan juga menampilkan minat dan bakatnya dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris dan Arab.

Manfaat Mengikuti Upacara Bendera – Yayasan Al Ma'soem Bandung (1)

Diseminasi di Al Masoem juga ada beberapa informasi yang selalu di informasikan, seperti prestasi peserta didik dan diberikannya penghargaan secara langsung oleh ketua YAB. Pemberian penghargaan ini berguna untuk memotivasi peserta didik yang sudah mendapatkan dan yang belum mendapatkan prestasi agar mampu mengikuti jejak teman temannya. Bentuk pemberian penghargaan juga berupa sertifikat, piala dan juga laporan tentang beasiswa yang diraih oleh peserta didik.

Diseminasi dijadikan sebagai ajang untuk siswa unjuk gigi baik itu untuk menunjukan bakatnya dalam public speaking dan juga menunjukan bakatnya dalam ekstrakurikuler paskibra. Selain itu dalam diseminasi juga siswa diberikan kesempatan untuk belajar memimpin upacara, selain itu peserta didik juga diberikan kesempatan untuk menunjukan minat dan bakatnya dalam berbahasa inggris dalam pidato bahasa inggris dan bahasa arab.

Di Al Masoem upacara bendera bukan hanya dijadikan sebagai upacara formal belaka, tapi juga dijadikan sebagai bahan pembagian informasi bagi peserta didik.
Dalam diseminasi SMA Al Masoem juga diberitahukan tentang informasi prestasi hafalan Quran peserta didik, seperti dalam diseminasi Bulan september 2022 berikut adalah daftar peserta didik yang mendapatkan prestasi bidang tahfidz Quran.

Manfaat Mengikuti Upacara Bendera – Yayasan Al Ma'soem Bandung (2)

DAFTAR PENERIMA BEASISWA TAHFIDZ SMA PESANTREN SISWA AL MA’SOEM TAHUN AJARAN 2022 – 2023

Nama santri penghafal Al Quran juz 30

  • Wahyu Syarfa Ibrahim kelas XI MIPA 3 wali santri Ferry Ferdiansyah
  • Siva Amalia Putri kelas XI MIPA 7 wali santri Roslianawati
  • Fadlih Rahbani Anwar kelas X 10 wali santri Fier Destrian
  • Mohammad Cesya Khaidir kelas X 5 wali santri Fier Destrian
  • M. Aqmar Bahiyuddin F kelas X 2 wali santri Fier Destrian
  • Faris Asyraf Muzaffar kelas X5 wali santri Farid Nizar
  • Ainy Jihan Safira kelas X6 wali santri Nunung Syarifah
  • Helva Nabila Lexichan kelas X9 wali santri Nunung Syarifah
  • Nabila Hanif Nur Fitria kelas X4 wali santri Nunung Syarifah
  • Nadya Gita Pramesty kelas X4 wali santri Nunung Syarifah
  • Zahra Annisa Rahmania kelas X10 wali santri Nunung Syarifah
  • Tazkya Fiaspia kelas X1 wali santri Nunung Syarifah
  • Maiza Auryn Ayano Widodo kelas X5 wali santri Sri Rodiah
  • Najla Kayla As Syafaa kelas X9 wali santri Sri Rodiah
  • Ratu Fayza Mumtazia kelas X3 wali santri Sri Rodiah
  • Ratu Hilda Muharromah kelas X8 wali santri Sri Rodiah
  • Salsabila Eka Virgi kelas X1 wali santri Sri Rodiah
  • Siti Annazwa kelas X9 wali santri Sri Rodiah
  • Revalina Fauziah kelas XII MIPA 5 wali santri Rais Istiqomah

Nama santri penghafal Al Quran Juz 4

  • Muhammad Dhefan Syawal kelas XI MIPA 1 wali santri Dadang Dimyati
  • Faiz Rosy Al Ghifari kelas XI MIPA 3 wali santri Ferry Ferdiansyah

Nama santri penghafal Al Quran Juz 30 dan juz 1

  • Ali Zainal Abidin kelas X9 wali santri Farid Nizar A

Nama santri penghafal Al Quran 4 Juz (Juz 30, 1, 2 dan 3)

  • Muhammad Habiburrohim kelas X2 wali santri Farid Nizar A
Manfaat Mengikuti Upacara Bendera – Yayasan Al Ma'soem Bandung (2024)

FAQs

Apa manfaat mengikuti kegiatan upacara bendera? ›

Manfaat upacara bendera yang pertama yaitu bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Saat mengikuti kegiatan ini, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Sehingga hal ini bisa menunjukkan rasa kebersamaan selama mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir.

Apa manfaat yang kita dapatkan ketika melakukan upacara bendera? ›

Melalui upacara bendera, kita tidak hanya menghormati negara kita, tetapi juga menghormati nilai-nilai yang kita anut dan perjuangan yang telah membentuk bangsa kita.

Mengapa kita wajib mengikuti upacara bendera di sekolah? ›

Menumbuhkan rasa nasionalisme. Menciptakan sikap dan semangat bela negara. Menggalang rasa persatuan dan kesatuan.

Upacara bendera disekolah melatih apa? ›

Upaca Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya Upacara bendera setiap hari Senin di sekolah bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa ataupun menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme.

Mengapa kita harus upacara bendera setiap hari Senin? ›

Menumbuhkan rasa tanggung jawab. – Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Demikian beberapa penjelasan sejarah upacara hari Senin. Semoga upacara bendera setiap hari senin bisa menjadi menambah rasa nasionalisme kita kepada negara Indonesia.

Nilai nilai apa saja yang bisa diambil dari kegiatan upacara setiap hari Senin? ›

Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Apakah tujuan upacara bagi pendidikan itu? ›

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab.

Apa tujuan dari upacara adat? ›

Upacara adat memiliki fungsi spiritual karena upacara adat mampu membangkitkan emosi keagamaan, menciptakan rasa aman, tentram dan selamat. Fungsi sosial bermaksud semua yang menyaksikan upacara adat dapat memperoleh atau menyerap pesan-pesan yang disampaikan dalam upacara tersebut.

Bagaimana sebaiknya sikap kita saat mengikuti upacara bendera? ›

Tata cara untuk masyarakat sipil yang berpakaian sipil jika memberi sikap hormat adalah dengan cara: Berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurna, meluruskan lengan ke bawah, mengepalkan telapak tangan, dan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha disertai pandangan lurus ke depan.

Apa arti dari kata upacara? ›

Upacara adalah kegiatan rutin yang sering dilaksanakan hampir di seluruh instansi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti upacara bendera adalah upacara resmi secara militer yang dilakukan oleh instansi pemerintah pada setiap tanggal 17 dan pada hari-hari nasional, disertai penaikan bendera sang merah putih.

Apa tujuan utama dari upacara bendera di Indonesia? ›

Tujuan diadakan upacara bendera, selain sebagai tolok ukur pengamalan Pancasila dan nasionalisme warga negaranya, juga sebagai sarana pembentukan karakter. Karakter positif yang akan membangun generasi muda menjadi generasi positif, memiliki pandangan positif dan kinerja yang juga positif.

Apa makna dari pelaksanaan upacara bendera? ›

Adapun makna-makna tersebut antara lain, yaitu: Mendidik dan menumbuhkan kedisiplinan pada siswa melalui persiapan barisan. Mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan melawan penjajah dan meraih kemerdekaan.

Apa perintah upacara bendera? ›

Pemimpin: "Penjaga Warna, Hormati Warna Anda!" Pembawa bendera memberi hormat pada bendera AS. Pemimpin: "Penjaga Warna, kembali ke barisan!" Tunggu sampai pembawa bendera kembali ke formasi. Pemimpin : “Hadirin, Silakan duduk!” Naskah: (pemimpin mengumpulkan color guard di belakang ruangan atau di luar panggung agar siap.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Trent Wehner

Last Updated:

Views: 5832

Rating: 4.6 / 5 (56 voted)

Reviews: 95% of readers found this page helpful

Author information

Name: Trent Wehner

Birthday: 1993-03-14

Address: 872 Kevin Squares, New Codyville, AK 01785-0416

Phone: +18698800304764

Job: Senior Farming Developer

Hobby: Paintball, Calligraphy, Hunting, Flying disc, Lapidary, Rafting, Inline skating

Introduction: My name is Trent Wehner, I am a talented, brainy, zealous, light, funny, gleaming, attractive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.