Kenapa Upacara Bendera Dilaksanakan Setiap Hari Senin? (2024)

Berbicara mengenai upacara bendera mengingatkan saya pada masa-masa ketika masih sekolah dulu. Upacara bendera menjadi agenda wajib bagi siswa di setiap hari Senin.

Setiap hari Senin para siswa harus bangun lebih pagi agar tidak telat mengikuti upaca bendera.

Upacara bendera yang biasa dilaksanakan setiap hari Senin memang sudah menjadi kebijakan dari pemerintah. Selain itu, upacara di hari Senin juga dapat membangkitkan semangat para pesertanya karena baru memulai hari setelah libur akhir pekan.

Meskipun kegiatan upacara bendera dilaksanakan hari Senin yang kebanyakan orang membencinya, namun keputusan atau kebijakan pemerintah tersebut sudah tepat sasaran. Pasalnya, jika upacara bendera dilaksanakan di hari lain apalagi di hari Jumat akan mengurangi semangat peserta dan esensi yang didapat akan berkurang.

Sebab hari Senin adalah awal dari hari setelah Minggu yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasa nasionalisme sebagai warga negara.

Beberapa alasan bahwa upacara bendera dilaksanakan di hari Senin:

Pertama, sejak zaman dahulu upacara bendera biasa dilakukan setiap hari Senin kecuali dalam kegiatan-kegiatan tertentu seperti hari Kemerdekaan yang jatuhnya di hari berbeda. Apalagi kalau upacara bendera di sekolah diganti harinya maka para siswa akan kehilangan semangat untuk mengikutinya.


Kedua, meningkatkan kekhusyukan. Hari Senin adalah waktu yang pas untuk memulai hari dan kegiatan setelah beristirahat di hari libur. Dengan beristirahat atau berlibur di hari libur sebelum kembali menjalai rutinitas, maka ketika memasuki hari Senin setiap orang akan mempersiapkannya dengan baik dan penuh kekhusyukan terutama dalam mengikuti upacara bendera baik di sekolah maupun di beberapa tempat pekerjaan yang melaksanakan upacara bendera. Asalkan malamnya tidak begadang saja, maka kita bisa menjalaninya dengan segar.

Ketiga, Menambah semangat peserta upacara. Jika upacara bendera dilaksanakan di hari lain seperti hari Rabu, Kamis, apalagi Jumat maka sebagian pesertanya akan kekurangan semangat bahkan pasti banyak yang bolos. Hari-hari setelah hari Senin akan membuat orang kehilangan semangatnya untuk berlama-lama di lapangan upacara. Pikiran mereka sudah terbang ke mana-mana ingin segera libur.

Setelah merasakan pandemi selama kurang lebih dua tahun ini, beberapa sekolah belum menerapkan upacara bendera. pada tahun ini, sekolah kembali menerapkan kegiatan upacara bendera. Kerinduan siswa-siswi kini kembali terobati.

Ya semoga saja para siswa tidak akan kehilangan semangatnya untuk mengikuti upacara bendera di lapangan.

Kenapa Upacara Bendera Dilaksanakan Setiap Hari Senin? (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Twana Towne Ret

Last Updated:

Views: 5928

Rating: 4.3 / 5 (64 voted)

Reviews: 95% of readers found this page helpful

Author information

Name: Twana Towne Ret

Birthday: 1994-03-19

Address: Apt. 990 97439 Corwin Motorway, Port Eliseoburgh, NM 99144-2618

Phone: +5958753152963

Job: National Specialist

Hobby: Kayaking, Photography, Skydiving, Embroidery, Leather crafting, Orienteering, Cooking

Introduction: My name is Twana Towne Ret, I am a famous, talented, joyous, perfect, powerful, inquisitive, lovely person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.