jelaskan pengertian pengukuran tidak langsung dan berikan contohnya - Brainly.co.id (2024)

KELAS = 7
PELAJARAN = FISIKA
KATEGORI = Besaran dan Satuan
KATA KUNCI = pengukuran langsung, tidak langsung, alat ukur

PEMBAHASAN

Pengukuran adalah memmbandingan sesuatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang bisanya digunakan untuk mengukur.

Pengukuran ada 2 jenis yaitu:
1. Pengukuran langsung yaitu pengukuran yang langsung menggunakan alat ukurnya dan hasil pengukuran dapat langsung diketahui, keunggulannya yaitu proses pengukuran langsung dapat lebih cepat selesai.
Namun penggunaannya dibatasi karena :
- Ketelitian / kecermatan yang agak kurang
- Banyak kendala untuk mengukur objek langsung dilapangan karena tidak praktis
- Tidak coco*k dengan toleransi objek ukur.

Contoh pengukuran langsung yaitu pengukuran tebal dan panjang dari sebuah logam mengguanakan jangka sorong (gambar terlampir)

2. Pengukuran tidak langsung yaitu pengukuran terhadap objek yang dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis alat ukur / pembanding. Kemudian hasilnya dibandingkan dengan hasil pengukuran alat ukur standar. Digunakan dua alat ukur karena alat ukur pembanding biasanya memiliki kecermatan yang lebih tinggi sedangkan alat ukur standar memiliki kualitas yang dapat diandalkan.

Pengukuran tidak langsung cendrung membutuhkan waktu yang relatif lama.

Contoh pengukuran tidak langsung yaitualat ukur pembanding jenis pupilitas (dial test indicator) yang dipasangkan pada dudukan pemindah (transfer stand ; sebagai alat ukur bantu) (gambar terlampir)

jelaskan pengertian pengukuran tidak langsung dan berikan contohnya - Brainly.co.id (2024)

FAQs

Apa yang dimaksud dengan pengukuran tidak langsung? ›

Pengukuran tidak langsung adalah proses pengukuran suatu besaran dengan cara mengukur besaran lain. Pada pengukuran tidak langsung, digunakan beberapa jenis alat ukur, dan hasil pengukuran nantinya merupakan hasil operasi (bisa pembagian/perkalian) dari hasil pengukuran alat-alat ukur tersebut.

Apakah yang dimaksud pengukuran langsung beserta contohnya? ›

Pengukuran langsung adalah metode pengukuran yang menggunakan alat ukur langsung dimana hasil pengukuran dibaca langsung dari alat ukur. Misalnya, jika kita mengukur panjang buku dengan penggaris, berarti kita Page 3 48 mengukur secara langsung karena hasil pengukuran panjang buku dibaca langsung dari skala penggaris.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengukuran dan berikan contohnya? ›

Mengukur adalah membandingkan besaran dengan besaran sejenis sebagai satuan; menghasilkan ukuran yang terdiri atas nilai dan satuan. Contoh mengukur, mengukur panjang meja dengan penggaris dengan cara membandingkan panjang meja dan panjang penggaris.

Mengapa pada proses pemesinan kita masih menggunakan alat ukur tak langsung? ›

2) Karena alat ukur tak langsung hanya digunakan untuk mengecek diameter yang dihasilkan waktu penyayatan dan alat ini digunakan untuk mengukur bagian yang sulit dijangkau oleh alat ukur langsung. 3) Karena setiap komponen mesin harus mampu bebas tukar.

Apa saja contoh pengukuran tidak langsung? ›

Contoh pengukuran tidak langsung adalah mencari tinggi pohon dengan menggunakan bayangan.

Apa perbedaan melakukan pengukuran secara langsung dan tidak langsung? ›

Pengukuran langsung biasanya paling berguna untuk penilaian hasil belajar siswa di tingkat kursus. Ukuran belajar siswa secara tidak langsung mengandung arti bahwa pembelajaran telah terjadi dan mencakup persepsi atau sikap yang berkaitan dengan kemampuan seorang siswa. Mereka menilai pendapat atau pemikiran tentang pengetahuan atau keterampilan siswa.

Mengapa pengukuran tidak langsung penting? ›

Pengukuran tidak langsung ini memungkinkan adanya kesimpulan bahwa pembelajaran telah terjadi , namun hal ini tidak memberikan tingkat bukti yang nyata, terlihat, dan terukur seperti penilaian langsung terhadap pembelajaran siswa. Namun dalam beberapa kasus, ini mungkin satu-satunya sumber data yang tersedia.

Apakah gelas ukur termasuk pengukuran tidak langsung? ›

Berdasarkan pengertian tersebut, maka: mengukur volume air dengan gelas ukur. = pengukuran langsung.

Apa yang dimaksud pengukuran langsung jelaskan? ›

Pengukuran Langsung Adalah proses pengukuran dengan memakai alat ukur langsung. Hasil pengukuran langsung terbaca.

3 Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengukuran? ›

Pengukuran adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mengidentifikasi besar kecilnya obyek atau gejala (Hadi, 1995). Pengukuran dapat dilakukan dengan dua cara; 1) menggunakan alat-alat yang standar, 2) menggunakan alat-alat yang tidak standar.

Apa pengertian pengukuran dalam penelitian? ›

Pengukuran adalah proses mengamati dan mencatat pengamatan yang dikumpulkan sebagai bagian dari upaya penelitian .

Alat apa yang digunakan untuk mengumpulkan pengukuran tidak langsung? ›

Dengan pengukuran tidak langsung, dimensi diukur dengan menggunakan alat ukur seperti dial gauge yang melihat perbedaan antara target dan alat acuan seperti blok pengukur dan ring gauge.

Apa perbedaan APP pengukuran langsung dan tidak langsung pada sisi TR? ›

APP Pengukuran Langsung adalah pengukuran energi listrik tanpa menggunakan transformator arus atau transformator tegangan sedangkan APP Pengukuran Tidak langsung adalah pengukuran energi listrik dengan menggunakan transformator arus atau transformator tegangan.

Apakah massa termasuk pengukuran tidak langsung? ›

Pada pengukuran tidak langsung, digunakan beberapa jenis alat ukur, dan hasil pengukuran merupakan hasil pembagian atau perkalian pengukuran alat-alat ukur tersebut. Contohnya adalah dalam mengukur massa jenis, adalah berdasarkan pengukuran massa dan volume.

Bagaimana cara melakukan pengukuran tidak langsung dalam matematika? ›

Menggunakan Pengukuran Tidak Langsung

Langkah 1: Identifikasi sisi-sisi yang bersesuaian pada segitiga-segitiga sebangun pada diagram. Langkah 2: Buatlah persamaan yang menghubungkan perbandingan sisi-sisi pada satu segitiga dengan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian pada segitiga lainnya. Pastikan Anda menggunakan ukuran yang tidak diketahui sebagai salah satu sisinya.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Clemencia Bogisich Ret

Last Updated:

Views: 5546

Rating: 5 / 5 (80 voted)

Reviews: 95% of readers found this page helpful

Author information

Name: Clemencia Bogisich Ret

Birthday: 2001-07-17

Address: Suite 794 53887 Geri Spring, West Cristentown, KY 54855

Phone: +5934435460663

Job: Central Hospitality Director

Hobby: Yoga, Electronics, Rafting, Lockpicking, Inline skating, Puzzles, scrapbook

Introduction: My name is Clemencia Bogisich Ret, I am a super, outstanding, graceful, friendly, vast, comfortable, agreeable person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.