10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (2024)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih webcam

Ada beberapa poin yang perlu Anda pastikan saat memilih webcam, mulai dari kualitas gambar, fitur, hingga karakteristik produsennya. Kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda.

1

Periksa kualitas gambar yang dihasilkan

Saat memilih webcam, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan pertama kali adalah kualitas hasil gambar kameranya. Inilah beberapa poin penting untuk memilih produk dengan hasil gambar yang bersih dan jernih!

Resolusi mencukupi untuk menghasilkan gambar yang jernih

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (1)

Kualitas gambar pada webcam ditentukan dari jumlah piksel dan resolusi maksimum dari kameranya. Makin besar jumlah piksel serta resolusi maksimumnya, gambar yang dihasilkan juga akan makin halus dan jernih. Kami menyarankan Anda memilih webcam dengan resolusi setidaknya 720p atau 1080p. Resolusi tersebut menghasilkan tampilan yang jernih untuk dilihat.

Namun, ada juga faktor lain yang memengaruhi kualitas gambar, seperti koneksi internet, spesifikasi PC, serta aplikasi yang digunakan. Jadi, jangan lupa pertimbangkan pula faktor-faktor tersebut.


Anda pun perlu mengetahui bahwa resolusi maksimum yang dapat digunakan pada tiap-tiap aplikasi berbeda. Contohnya, resolusi standar pada aplikasi Zoom adalah 720p dengan kualitas HD. sem*ntara itu, resolusi maksimum Skype mencapai 1.080p di FullHD.

FPS memadai untuk mendukung hasil video yang halus

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (2)

Tidak hanya kualitas gambarnya, webcam yang bagus juga harus dapat menghasilkan video yang terlihat halus. Tingkat kehalusan video dalam webcamdipengaruhi oleh nilai frame rate per second (FPS). Jika Anda menginginkan video dengan gerak gambar yang halus, pilihlah webcam dengan frame rate tinggi. Berikut kami jelaskan lebih detail:


  • Untuk kebutuhan video call atau pertemuan virtual, pilihlah webcam dengan 15 fps atau lebih.
  • Apabila Anda menginginkan gambar yang lebih jernih dan halus lagi, gunakanlah webcam dengan frame rate 30 fps.
  • Untuk kebutuhan konten di media sosial, sebaiknya Anda memilih webcam dengan frame rate 60 fps.

Sama seperti poin sebelumnya, ada faktor eksternal yang memengaruhi kualitas video, seperti spesifikasi PC, koneksi internet dan lainnya. Maka dari itu, Anda juga perlu memeriksa aplikasi yang digunakan dan spesifikasi PC Anda.

2

Cek besaran bidang pandang dan jenis penempatan webcam

Bidang pandang menunjukkan luas yang dapat dijangkau oleh lensa webcam. Makin besar angkanya, makin luas juga jangkauan yang dapat ditangkap oleh lensa. Apabila Anda menggunakan webcam untuk diri sendiri, Anda tidak memerlukan bidang pandang yang terlalu luas. Namun, jika bidang pandang webcam terlalu sempit, Anda pun akan kesulitan saat menyesuaikan tampilan Anda di layar.


Apabila Anda ingin menampilkan banyak orang dalam konferensi web, pilihlah produk dengan sudut pandang yang luas. Ada juga produk yang bagian lehernya dapat berputar hingga 360 derajat. Webcamseperti ini mampu memproyeksikan area perekaman yang luas.

Selain itu, perhatikan juga jenis instalasi webcam-nya, mode klip atau dudukan. Untuk webcam mode klip, Anda dapat menjepitkan webcam di bagian atas monitor. sem*ntara itu, untuk mode dudukan, Anda membutuhkan area datar agar webcam dapat berdiri. Sebagian webcam juga mendukung pemakaian dengan menggunakan tripod.

3

Pilih yang dapat menunjang aktivitas Anda

Selain fungsi normal kamera, ada banyak webcam yang dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan. Pilihlah produk dengan fungsi dan fitur yang sesuai dengan tujuan pemakaian Anda.

Sudut pandang sesuai jumlah pengguna untuk video call dan konferensi web

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (4)

Pada umumnya, webcam digunakan untuk melakukan video call atau meeting online dengan menggunakan aplikasitertentu. Selain itu, webcam juga digunakan untuk menghadiri konferensi jarak jauh. Karena itu, Anda perlu memperhatikan angle of view yang ditangkap oleh webcam dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.


Hal ini karena spesifikasi yang dibutuhkan untuk meeting online dan konferensi web akan berbeda tergantung jumlah pengguna. Jika Anda menggunakan webcam untuk menampilkan banyak orang, pilihlah produk dengan sudut pandang (angle of view) yang luas. Jangan lupa untuk melakukan webcam test sebelum meeting online dimulai, ya!

Besaran resolusi dan frame rate demi menghasilkan video yang jernih untuk membuat konten

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (5)

Akhir-akhir ini, mengunggah konten video di media sosial seperti Youtube, TikTok, Facebook, dan lainnya makin populer. Jika Anda hendak membuat video menggunakan webcam, pilihlah produk dengan spesifikasi tinggi.


Sekarang ini, banyak produsen memproduksi webcam dengan kualitas tinggi, seperti resolusi 4K dan frame rate 60 fps. Selain itu, ada juga produkwebcam berspesifikasi tinggi yang memiliki fungsi perekaman di bodi kameranya. Produk seperti ini menjadi menjadi salah satu produk yang populer di kalangancontent creator.

Webcam yang dilengkapi fitur mode malam untuk memantau keadaan

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (6)

Beberapa webcam digunakan untuk memantau keadaan, seperti memastikan kondisi bayi yang tidur, anak kecil, serta hewan peliharaan. Jika Anda menggunakan webcam untuk tujuan ini, akan lebih efektif untuk memilih produk yang memiliki mode malam.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat memastikan keadaan saat keadaan gelap sekalipun. Selain itu, ada juga produk yang memiliki fungsi mesin penjawab. Anda dapat berbicara melalui kamera layaknya menggunakan alat komunikasi sehingga sangat berguna dalam keadaan darurat. Sayangnya, jenis ini masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

4

Pertimbangkan webcam yang mempunyai mikrofon internal

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (7)

Sebagian besar webcam dilengkapi dengan mikrofon internal. Namun, ada juga beberapa produk yang tidak memiliki mikrofon internal. Maka dari itu, pastikan untuk mengeceknya juga, ya.


Jika digunakan bersama-sama, sebaiknya pilihlahwebcam dengan dual stereo microphone. Jangkauan suara yang ditangkap oleh jenis mikrofon ini lebih luas. Dengan demikian, suara Anda dan rekan Anda akan sama-sama terdengar jelas.


Selain itu, ada juga webcam yang memiliki fitur noise reduction pada mikrofonnya. Fitur tersebut berfungsi mengurangi kebisingan sehingga suara yang ditangkap jadi lebih jernih. Jika Anda mengutamakan kualitas suara pada mikrofon, periksa juga ketersediaan fitur noise reduction.

5

Ketahui karakteristik webcam dari setiap produsen

Jika masih belum tahu ingin pilih yang mana, Anda bisa memilih produk dari produsen populer. Ada beberapa produsen yang sudah cukup terkenal, seperti Logitech, Microsoft, dan lainnya.

Logitech, populer berkat desainnya yang stylish

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (8)

Sumber: logitech.com

Logitech merupakan produsen yang menyediakan berbagai jenis perlengkapan komputer. Produk-produk keluaran Logitech populer di banyak negara, salah satunya Indonesia. Hal ini karena Logitech terkenal dengan tampilan produknya yang modern dan modis.


Produk-produk Logitech dibuat sesuai dengan tujuan penggunaannya. Ada yang ringkas, dapat dilipat, dan nyaman untuk dibawa. Ada juga webcam untuk membuat konten video yang telah didukung resolusi 4K dengan refresh rate 60 fps. Anda pun dapat memilih webcam yang menunjang kegiatan Anda.

Razer, video berkualitas tinggi di kondisi cahaya apa pun

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (9)

Sumber: razer.com

Razer memproduksi webcam tidak hanya untuk sebatas streaming, tetapi juga konferensi web. Webcam dari Razer direkomendasikan untuk para gameratau para profesional yang selalu melakukan rapat online.

Webcam Razer memiliki fiturAdaptive Light Sensor, Ultra-Sensitive CMOS, dan teknologi Starvis. Fitur-fitur tersebut mendukung hasilgambar yang jernih meskipun di kondisi minim pencahayaan. Webcam buatan Razer mampu menyajikan video dengan kualitas FullHD 1080p di 60 fps. Selain itu, ada juga pilihan kualitas video dan fps yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

NYK Nemesis, webcam kelas entry-level dengan kualitas tinggi

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (10)

Sumber: nyk.co.id

Webcam dari NYK Nemesis direkomendasikan untuk para pemula, baik untuk kebutuhan profesional atau sekadar streaming gaming. Meskipun tergolong dalam entry-level, webcam NYK Nemesis sudah menghasilkan video beresolusi tinggi. Hal tersebut berkat fitur yang dimilikinya, seperti autofocus, auto exposure white balance, Full HD glass lens, dan lainnya.

Tidak hanya itu, mic dari webcam dariNYK Nemesis juga sudah didukung dengan fiturnoise reduction. Dengan demikian, suara Anda pun akan terdengar jelas tanpa ada gangguan yang berarti.

Microsoft, siap untuk berbagai kebutuhan, mulai dari personal hingga virtual meeting

Microsoft menawarkan webcam untuk berbagai kebutuhan, mulai dari chitchat bersama sahabat hingga rapat yang serius.Microsoft memproduksi empat produk webcam, yakni Microsoft Modern Webcam, Microsoft LifeCam Studio, Microsoft LifeCam Cinema, dan Microsoft LifeCam HD-3000.

Webcam-webcamtersebut sudah dilengkapi dengan teknologi TrueColor dan ClearFrame. Maka dari itu, webcammampu menghasilkan video dengan tampilan warna yang tajam. Karena video tetap tampak cerah di berbagai kondisi pencahayaan, Anda bebas menggunakannya saat siang maupun malam hari.

10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) (2024)

FAQs

What is the best camera for short form content? ›

The Sony ZV-1F is the perfect camera for short-form creators and vloggers because it is small and lightweight, making it easy to carry around, and its flip-out LCD screen allows users to monitor their shots and make adjustments if needed quickly.

What is the best webcam for streaming and content creation? ›

What is the best streaming webcam?
Best webcam for streamingPriceFrame rate
HyperX Vision S$20030 fps at 4K, 60 fps at 1080p
Logitech Brio 100$4030 fps
Insta360 Link$25030 fps
GoPro Hero 12 Black$40060 fps at 5.3K, 120 fps at 4K, 240 fps at 1080p
2 more rows

What is the best hybrid camera for content creator? ›

Fujifilm X-S20 - Best Digital Camera for Content Creation. The Fujifilm X-S20 is a mid-range hybrid mirrorless camera with a familiar 26-megapixel X-Trans 4 sensor with in-body image stabilization. It introduces notable upgrades such as a new processor, larger battery capacity, and improved video specifications.

What is a high quality camera called? ›

DSLRs are designed to let you see the image exactly as the camera itself will record. The photos are high quality and will reproduce well when printed, even at large sizes (e.g. 11x17”).

What is better than 1080p camera? ›

4K is defined as a 3840 × 2160 resolution video, with quadruple the number of pixels (detail) compared to full 1080p HD video. In video surveillance, 4K gives you more ability to see details such as faces at a farther distance compared to the same image using a 1080p camera.

What is the best image mode for a camera? ›

Aperture priority mode is the most important mode on your camera if you want to take control of things while avoiding going mad tweaking the settings for each shot. With this option, your camera chooses the shutter speed and you select the aperture and exposure compensation.

What camera do most influencers use? ›

A hugely popular camera among influencers and influencers alike is the Fujifilm X100V – so popular, in fact, that it was sold out of stock for most of its run. It has now been surpassed by the X100VI, but that's beside the point.

What is a good camera for influencers? ›

The best cameras for vlogging in 2024
  • DJI Pocket 3. The best camera for vloggers on a budget. ...
  • Sony ZV-1. The best vlogging camera for most people. ...
  • Panasonic Lumix GH6. The best premium vlogging camera. ...
  • Fujifilm X-S20. The best mirrorless all-rounder for vlogging. ...
  • Sony ZV-E1. ...
  • Nikon Z30. ...
  • Panasonic S5 II.
Mar 19, 2024

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arielle Torp

Last Updated:

Views: 5554

Rating: 4 / 5 (61 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arielle Torp

Birthday: 1997-09-20

Address: 87313 Erdman Vista, North Dustinborough, WA 37563

Phone: +97216742823598

Job: Central Technology Officer

Hobby: Taekwondo, Macrame, Foreign language learning, Kite flying, Cooking, Skiing, Computer programming

Introduction: My name is Arielle Torp, I am a comfortable, kind, zealous, lovely, jolly, colorful, adventurous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.